Efek Terlalu Lama di Depan Komputer


Gaya hidup masa kini nyaris tak bisa dipisahkan dari berbagai gadget, khususnya komputer. Sehari-hari kita berinteraksi atau bekerja dengan memanfaatkan tangan : seperti mengetik dan mengklik. Yang perlu diperhatikan, rutinitas ini bisa membuat fisik rentan terserang penyakit secara pelahan tapi pasti.
Beberapa ahli menyimpulkan gangguan pada tubuh yang dapat terjadi akibat terlalu lama di depan komputer, diantaranya.

Ganguan Pada Tangan
Dikarenakan terlalu lama mengetikdan mengklik berakibat  carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu sebuah gangguan yang terjadi pada pergelangan tangan kita karna sirkulasi darah tidak berjalan dengan benar akhirnya banyak lemak yang menumpuk disana dan menyebab rasa sakit di sekitar pergelangan kita.
Carpal tunnel syndrome (CTS), Adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya Saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan.(Sumber id.wikipedia.org/wiki/Carpal_tunnel_syndrome)

Ganguan Pada Postur Tubuh
Bila Anda duduk lama di depan computer tanpa anda sadari postur anda akan membungkuk Hasilnya adalah gangguan pada postur tubuh yang memburuk.

Ganguan Pada Mata
Tidak masalah jika Anda mengenakan kacamata anti-silau, pandangan mata yang buruk adalah dampak dari pekerjaan yang mengharuskan menatap layar menyala terus-menerus. Ketika menatap layar, kita cenderung berkedip lebih sedikit daripada waktu yang normal atau dari yang seharusnya. Jika mata kering dan Anda secara tak sadar sering kali menggosoknya, Kondisi ini, menurut peneliti, menunjukkan bahwa otot-otot yang mengontrol lensa fokus Anda sudah kelelahan

Impotensi
Jangan terkejut! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda menjaga laptop secara langsung di pangkuan, maka Anda telah membunuh cukup sperma. Maka dari itu, selalu gunakan papan atau baki untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab impotensi setelah digunakan berkelanjutan.

Lantas bagaimana solusinya? Disarankan agar aktivitas duduk di kantor hendaknya diselingi dengan aktivitas fisik setiap 30 menit sekali. “Lakukan variasi kegiatan fisik di kantor, seperti berjalan ke dapur kantor untuk mengambil air, naik tangga, jalan-jalan di sekitar lantai, atau berolahraga secara teratur. APAPUN yang berlebihan bisa menimbulkan dampak tidak baik. Begitu pula dengan kebiasaan Anda yang terlalu di depan komputer.
Do you Like this story..?

Get Free Email Updates Daily!

Follow us!

No comments:

Post a Comment