Jika hafalan Al Quran terasa susah dan sulit nyantol di ingatan


Kuat-kuat dalam diri kita untuk bisa hafalan, cita-citakan diri kita menjadi seorang Hafidzoh

Jika hafalan Al Quran terasa susah dan sulit nyantol di ingatan, dan jika banyak surat yang sudah kita hafal hilang dan susah diingat, maka kita perlu muhasabah dan introspeksi diri. Apakah dosa-dosa kecil telah menutup pintu otak kita dalam menerima ilmu, ataukah karena ada sesuatu yang kurang halal masuk ke dalam tubuh kita…? Apakah kita terlalu sibuk dengan urusan dunia sehingga kehabisan waktu menghafal, ataukah karena motivasi dalam diri kitalah yang sudah tidak ada? Dan tentunya masih banyak lagi kemungkinan2 yang menjadi penyebabnya
Semoga kendala2 yang menghalangi kita untuk dekat dengan Al Quran, tidak menjadi alasan bagi kita untuk membela diri mencari pembenaran. Namun justru semakin menantang kita untuk lebih giat lagi mengusahakannya.
Bagi anda sedang dan ingin menghafalkan Al-Qur'an dengan baik, tapi bingung, merasa kesusahan? Belum lagi kalau menghafalnya itu seorang diri dan belum punya pembimbing? mungkin beberapa cara berikut bisa membantu
1.  Usahakan mushaf yang anda pegang adalah mushaf ayat-ayat pojok (yang setiap halamannya diakhiri ayat-ayat pojok, karena itu standar bagi para penghafal)
2. Cari tempat yang mendukung dan bisa mengkondisikan diri dan pikiran menjadi tenang dan fresh, misalnya mesjid, musholla, kamar dan tempat-tempat yang sepi dan sunyi.
3. Mulai dari ayat-ayat yang kira-kira paling mudah dihafal seperti juz Amma (juz 30), juz 29, 28 dst, lima juz terakhir lah, karena semua itu ayat-ayat nya masih pendek dan standar 'susah'. Sebab kalau itu sudah berhasil kita lewati Insya Allah semua surat akan lancar.
4. Sebelum ayat yang dimaksud anda hafal, usahakan dibaca berulang-ulang sampai lidah kita lancar membacanya, akrab dan berkali-kali terlintas di benak / memori. Misalnya setengah halaman (7 baris) dibaca 7-10 kali. jangan sekali-kali menghafal jika anda belum membacanya sama sekali.
5. Setelah itu baru mulai dihafal satu persatu ayat-ayatnya.
6. Nah di sini, anda akan tahu kadar dan kekuatan daya ingat anda.
7.  Ingat!! hafalan yang anda hafal (misalnya pagi ba'da subuh) dengan baik, belum tentu masih akan anda ingat di sore harinya.
8. Kalau anda sudah hafal setengah halamannya, coba jeda sedikit dengan melakukan aktifitas lain yang ringan.
9. Selang beberapa menit, anda baca lagi hafalan yang sudah dihafal tadi lalu biszhohril ghaib (tanpa melihat mushaf)
10.   Jika anda masih bisa membacanya dengan baik, berarti kemampuan anda cukup bagus..selanjutnya, coba anda selingi dengan jeda waktu lebih lama misalnya 3 jam, 4 jam atau sampai setengah hari.
11.   Jangan tambah dulu hafalan anda..minimal sehari 1 surat atau 1 halaman.
12.   Lalu ulang lagi hafalan yang anda hafal di pagi hari..Apabila masih lancar, maka InsyaAllah anda punya potensi menghafal lebih banyak lagi.
13.   INGAT!  Bahwa hafalan baru bisa dibilang teruji kelancarannya bila ia sudah berjalan dengan rentang waktu yang cukup lama sesuai dengan tingkat review /muroja'ahnya. Semakin banyak anda mereview sebuah hafalan, maka akan semakin kuat pula hafalan itu..begitu pula sebaliknya..semakin jarang diulang, maka akan semakin mudah hafalan itu.
14.    Lama-kelamaan anda akan teruji membacanya tanpa mushaf dan dengan PD, karena mushaf tidak selalu bersama anda saat anda sibuk dengan aktivitas lain.
15.   Usahakan hafalan anda yang sudah matang dan lancar direview setiap saat, di manapun dan kapanpun.
16.   Jagalah hafalan itu dengan muraja’ah. Bacalah surat  yang baru kita hafal ke dalam shalat-shalat kita.
17.   Putar mp3 murottal Al Quran, jadikan fasilitas yang ada membuat kita semakin mudah mendekati Allah, jangan malah melenakan dan membuat kita semakin cinta dunia. 
18.   Lebih baik bila anda menghafal dan memuroja'ahnya dengan rekan seperjuangan atau minta disimak sama orang yang anda percayai..
Semoga Allah berkenan menganugerahkan ilmu-Nya yang banyak kepada kita. Yang banyak, dan tidak sedikit. Amin.
Do you Like this story..?

Get Free Email Updates Daily!

Follow us!

5 comments: